Mei 27, 2024

8 Fakta Penting Timnas U-23 Indonesia Maju Semifinal Piala Asia U-23 2024 Usai Kalahkan Korea Selatan Lewat Adu Penalti

4 min read
timnas

Duel sengit timnas U-23 Indonesia vs Korea Selatan tersaji sepanjang laga rajazeus perempat final Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat dinihari WIB, 26 April 2024. Skuad Garuda keluar sebagai pemenang melalui adu penalti 11-10, menyusul hasil imbang 2-2 sampai perpanjangan waktu. Indonesia yang berlaga di turnamen ini sebagai debutan, berhasil menghalau Korea Selatan, yang menjadi juara edisi 2020 dan finalis 2016. Di bawah asuhan Shin Tae-yong, Skuad Garuda tetap mencatat sejarah baru di kejuaraan level Asia U-23 ini.

Timnas U-23 Indonesia Lolos ke Semifinal Piala Asia U-23 2024, Statistik Tunjukkan Mereka Pantas Menang atas Korea Selatan

Rizky Ridho dan rekan-rekannya diharapkan melanjutkan kejutan di ajang ini bersama menembus partai puncak. Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengatakan, setelah mencapai semifinal, amat logis kalau tujuan selanjutnya mencapai final. “Di olahraga, tersedia yang namanya momentum. Dan aku lihat, sejak penyisihan grup, lantas di perempat final, momentum itu milik kita,” kata Erick yang melihat langsung pertandingan melawan Korea Selatan di Qatar, dikutip berasal dari info yang dibagikan ke media, Jumat.

“Kini Timnas bisa melangkah ke semifinal, amat logis kalau tujuan selanjutnya final. Yang pasti, kita di PSSI, semua pemain dan ofisial, tetap berharap doa dan perlindungan berasal dari semua rakyat dan penggemar sepak bola nasional. Saatnya mencapai mimpi lebih tinggi,” ujarnya. Selanjutnya, timnas U-23 Indonesia dapat hadapi pemenangan Uzbekistan dan Arab Saudi yang dapat bertanding di Stadion Khalifa Internasional pada Jumat malam ini WIB. Pencapaian Indonesia sampai semifinal ini di luar prediksi. Pasukan Shin Tae-yong ini di awalnya hanya dibebani tujuan lolos babak penyisihan group oleh PSSI dan tujuan itu telah terlampaui.

Terlepas berasal dari prestasi gemilang yang dicatat Tim Merah Putih bersama melaju ke semifinal Piala Asia U-23 2024 ini, sejumlah fakta-fakta berlangsung sepanjang pertandingan Indonesia vs Korea Selatan di perempat final yang dipimpin wasit asal Australia, Shaun Evans.

Gol Pertama Korea Selatan Dianulir

Usaha Korea sempat berbuah hasil pada menit kesembilan. Berawal berasal dari skema tendangan bebas yang sebabkan kerumunan di area kotak penalti, tendangan keras Lee Kang Hee tak bisa diblok bersama sempurna oleh Ernando. Gol itu sempat sebabkan Korea unggul. Namun, VAR membatalkan gol berikut sebab tersedia seorang pemain Korea yang berada dalam posisi offside.

Rafael Struick Cetak 2 Gol

Timnas Indonesia bisa keluar berasal dari tekanan pemain Korea setelah pertandingan berlangsung sepuluh menit. Berawal berasal dari skema serangan balik, Rafael Struick berhasil pakai blok tak sempurna berasal dari barisan pertahanan Korea. Ia melepaskan tendangan jarak jauh ke arah sudut kiri gawang Baek Jong Bum. Skor 1-0 untuk keunggulan Indonesia pada menit ke-15.

Empat menit masa injury time, Struick mengembalikan keunggulan Indonesia. Berawal berasal dari umpan panjang Ivar Jenner, pemain ADO Den Haag berhasil pakai kebingungan di lini bertahan Korea. Sentuhannya mengelabui kiper Baek Jong Bum. Skor 2-1 untuk keunggulan Indonesia bertahan sampai turun minum.

Gol Bunuh Diri Komang Teguh

Korea Selatan sempat menyamakan kedudukan pada menit ke-45. Berawal berasal dari umpan silang di sisi kiri pertahanan Indonesia, Eom Ji-seong berhasil menyongsong bola. Arah sundulannya berbelok setelah terkena blok Komang Teguh dan mengarah ke gawang Indonesia.

Lee Young-jun Kartu Merah

Lee Young-jun masuk setelah jeda turun minum, mengambil alih gelandang Dong-Jim Kim, beroleh kartu merah usai melakukan pelanggaran pada Justin Hubner pada menit ke-70. Wasit mengambil alih keputusan itu setelah tersedia pemeriksaan VAR.

Diusirnya Lee Young-jun menjadi kerugian bagi Korea Selatan, bahkan sementara itu mereka tertinggal 1-2. Sebab, penyerang asal klub Gimcheon Sangmu FC itu menjadi andalan tim dalam mencetak gol. Dia menjadi top skor Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024 bersama tiga gol yang dibuatnya dalam dua penampilan di fase grup.

Dua gol Lee Young-jun dibuat ketika sang pemain diturunkan sebagai starter dalam laga kontra Cina, Jumat, 19 April. Sedangkan satu gol lainnya dibuat sementara Korea Selatan mengalahkan Uni Emirat Arab 1-0 pada pertandingan perdana, Selasa, 16 April.

Pelatih Hwang Sun-hong Dapat Kartu Merah

Pelatih kepala Korea Selatan, Hwang Sun-hong, beroleh kartu merah pada injury time babak kedua, sementara kedudukan imbang 2-2, setelah gol penyama kedudukan Jeong Sang-bin pada menit ke-84. Wasit menilai protes yang dilakukannya ketika berlangsung bentrok pemain diakui berlebihan.

Ernando Ari Gagalkan Dua Kali Eksekusi Penalti Korea Selatan

Kiper Ernando Ari berhasil menggalkan dua kali ekseskusi tendangan penalti pemain Korea Selatan, yakni Kang Song-yoon sebagai penendang keenam dan Kang-Hee Lee yang menjadi eksekutor ke-12.

Arkhan Fikri Gagal sementara Adu Penalti

Arkhan Fikri menjadi hanya satu pemain Indonesia dalam adu penalti. Dia yang menjadi penendang keenam, berpeluang menjadi penentu kemenangan setelah Ernando bisa menepis bola sepakan Kang Song-yoon.

Pratama Arhan Penentu Kemenangan

Bek kiri Pratama Arhan menjadi penentu kemenangan timnas U-23 Indonesia. Dia berhasil menjebloskan bola ke gawang Jong Bum Baek untuk ke-2 kalinya dalam drama eksekusi penalti.

error: Content is protected !!