Mei 27, 2024

Apakah Berolahraga pada Malam Hari Konsisten Menyehatkan?

2 min read

Olahraga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Tak cuma bagi tubuh, berolahraga juga berguna untuk kesehatan mental karena dapat membuat perasaan bersuka ria dan melawan depresi. Namun, beberapa orang cuma dapat berolahraga pada malam hari karena aktivitas pada siang hari. Seketika, apakah berolahraga pada malam hari tetap menyehatkan?

Penjelasan dokter Dokter pakar penyakit dalam Aru Wisaksono Sudoyo mengatakan, bahwa berolahraga di malam hari tetap menyehatkan. “Konsisten ada manfaat kesehatan, jadi tidak apa-apa,” sebut Aru terhadap Kompas.com, Jumat (31/3/2023). Menurutnya, berolahraga pada malam hari dapat menjadi pilihan orang-orang yang tidak sempat berolahraga spaceman game pada siang hari. Dokter pakar penyakit dalam lainnya, Andi Khomeini Takdir Haruni juga mengatakan bahwa berolahraga pada malam hari tetap menyehatkan. “Prinsipnya tubuh kita butuh gerak, orang-orang dapat berolahraga pada jam-jam yang mereka sempat,” katanya terhadap Kompas.com, Jumat (31/3/2023).

Andi mengatakan, sebaiknya seseorang berolahraga minimal setengah hingga satu jam per harinya. “Namun waktu istirahat di malam hari juga sebaiknya tercukupi dengan waktu tidur enam hingga delapan jam,” terangnya. Menurut Andi, manfaat berolahraga pada malam hari juga sama dengan berolahraga pada pagi, siang, ataupun sore. “Sama saja (manfaat kesehatan dari olahraga), tetapi jikalau telah terbiasa dan dijalankan dengan sewajarnya,” tandas Andi.

Manfaat berolahraga Dikutip dari ClevelandClinic, berikut 11 manfaat berolahraga: 1. Membikin lebih bersuka ria Berolahraga dapat memicu endorphin, hormon yang mengurangi rasa sakit, meningkatkan kesenangan, dan menghasilkan perasaan positif. Endorfin juga bertingkah sebagai obat penghilang rasa sakit natural dan dapat membantu meredakan nyeri rentang panjang. 2. Memberi banyak daya Aktivitas lahiriah dapat meningkatkan detak jantung yang membuat darah mengalir dengan baik. Lebih banyak oksigen dan nutrisi ke otot dari aliran darah tersebut, karenanya daya pada otot akan meningkat. 3. Meningkatkan mutu tidur Olahraga dapat membuat seseorang menjadi lebih rileks dan stabil, dua hal itu akan memberikan tidur yang baik. Namun, sebaiknya jangan langsung tidur setelah berolahraga. Istirahatkan tubuh khususnya dahulu untuk menurunkan temperatur tubuh. 4. Menolong melawan depresi Olahraga dapat menjadi obat natural yang efektif untuk melawan depresi ringan hingga sedang. itu terjadi karena berolahraga akan meningkatkan sensitifitas otak terhadap serotonin dan norepinefrin yang berperan untuk meredakan perasaan depresi.

error: Content is protected !!