Juni 16, 2024

Mengenal Olahraga Bulutangkis, Sejarah Kelengkapan, dan Teknik Dasar

2 min read

Bulu tangkis yaitu cabang olahraga yang termasuk ke dalam golongan permainan. Permainan bulu tangkis dapat dimainkan di dalam maupun di luar lapangan, di atas permukaan lapangan dipegang dengan garis-garis dalam ukuran panjang dan lebar tertentu.

Lapangan bulu tangkis dibagi menjadi dua komponen sama besar dan dipisahkan oleh net yang tergantung di tiang net yang ditancapkan di pinggir lapangan. Alat yang diaplikasikan yaitu sebuah raket sebagai alat pemukul dan kok (shuttlecock) sebagai bola yang slot deposit qris dipukul, demikian dikutip dari buku Pengajaran Jasmani Olahraga & Kesehatan oleh Drs Muhajir, MEd.

Permainan ini dimulai dengan sistem memperkenalkan bola atau servis dari petak servis kanan ke petak servis kanan lawan, sehingga lintasan bola menyilang. Permainan bulu tangkis biasanya dimainkan oleh minimal dua orang yang saling berhadapan atau orang empat orang pemain, yang artinya dua orang melawan dua orang.

Sejarah Bulu Tangkis

Dikutip dari buku Pengajaran Jasmani oleh Tri Hananto Budi Santoso, SPd dan Regu Penjas, olahraga bulu tangkis yaitu permainan yang berasal dari India dan dinamai dengan Poona. Permainan ini dimaksimalkan oleh tentara Inggris, selepas mereka kembali dari India.

Pada tahun 1837, permainan ini dimainkan di taman istana milik Duke of Beaufort di Badminton Gloucestershire. Oleh sebab itu, permainan ini kemudian dinamakan badminton atau dalam bahasa Indonesia disebut bulu tangkis.

Permainan bulu tangkis berkembang ke semua dunia semenjak abad ke-17, terpenting Eropa, India, Dan Tiongkok. Namun, perkembangan yang paling nampak di Eropa yaitu Inggris, sehingga orang-orang Inggris-lah yang menjadikan peraturan-peraturan permainan dan menyusun persatuan bulu tangkis tingkat nasional.

Paralel dengan meluasnya perkembangan bulu tangkis, tercetuskanlah sebuah ide untuk menyusun organisasi bulu tangkis internasional yang menjadi wadah kegiatan-kegiatan permainan bulu tangkis dunia. Perkumpulan olahraga bulu tangkis sedunia disusun dengan nama International Badminton Federation (IBF) pada tanggal 5 Juli 1934.

Badan bulu tangkis internasional hal yang demikian menyelenggarakan kejuaraan beregu putra antar negara pertama pada tahun 1948-1949 yang disebut dengan Thomas Cup, meskipun untuk kejuaran beregu putri disebut Uber Cup yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 1956-1957.

Kecuali itu, pada tahun 1989 diselenggarakan kejuaran bulu tangkis beregu campuran antar negara yang dinamakan Sudirman Cup.

Di Indonesia sendiri, olahraga bulu tangkis baru berkembang pada tanggal 5 Mei 1951, dengan dibentuknya Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI). Para pemain bulu tangkis Indonesia bermunculan dan menjuarai beragam kejuaraan. Contohnya, Tan Joe Hok, pemain bulu tangkis Indonesia yang memperkuat regu bulu tangkis Indonesia yang sukses menjuarai Thomas Cup pada tahun 1958.

Kelengkapan Bulu Tangkis

Kelengkapan yang dibutuhkan dalam permainan bulu tangkis, seperti dikutip dari buku Jago Bulu Tangkis oleh Hermawan Aksan dan buku Badminton for All oleh Dr.Angga Indera Kusuma, SPd antara lain sebagai berikut.

error: Content is protected !!