Mei 27, 2024

Mengenalkan Cabang Olahraga Tradisional Terhadap Si Sekolah Dasar

3 min read

Olahraga tradisional adalah salah satu warisan budaya Indonesia yang sudah ada sejak jaman dulu sebelum perkembangan teknologi seperti saat ini.

Padahal olahraga ini terkesan tradisional dan kuno, tapi olahraga ini masih banyak di gemari oleh si kecil-si kecil terumatama si kecil-si kecil di pedesaan sebagai permainan saat bermain bersama sahabat sebaya nya. Tapi memang kebanyakan si kecil jaman kini lebih banyak bermain gadget dari pada berolahraga.

Hal itu lah yang menjadi salah satu alasan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kuningan menggelar pertandingan olahraga tradisional karena memiliki tujuan adalah sebagai salah satu langkah melestarikan kebudayaan tradisional masyarakat Indonesia jaman dulu dan mengenalkan kembali permainan rakyat tersebut terhadap siswa – siswi sekolah dasar dengan harapan bisa menumbuhkan benih-benih atlet olahraga tradisional pada si kecil sekolah dasar (SD).

Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Kuningan, Ika Siti Rahmatika, juga menceritakan permainan rakyat yang berkembang cukup lama ini perlu dilestarikan. “Aku berharap, dengan adanya kegiatan ini kita bisa menumbuhkan benih-benih atlet olahraga tradisional yang berprestasi dan juga melestarikan olah raga tradisional sebagai peninggalan budaya bangsa Indonesia,” tuturnya.

Nah ada apa saja sih 5 cabang olahraga yang awam nya ada di mahjong slot sekolah dasar dan awam di lombakan tersebut. 5 cabang olahraga tersebut adalah yang pertama ada dagongan, kedua ada hadangan, ketiga ada sumpitan, ke empat terompah Panjang dan yang terakhir ada egrang.

Mari kita bahas satu persatu dari 5 cabang olahraga tradisional tersebut.

Dagongan
Dagongan adalah salah satu olahraga tradisional yang berasal dari tempat Minahasa. Olahraga ini awam nya cuma di mainkan oleh laki-laki.

Dagongan sendiri memiliki arti tolak menolak. Oleh karena itu di dalam permainan ini malah cara bermain nya adalah saling menunjang dengan lawan nya.

Sekiranya di dalam pertandingan tarik tambang kita semestinya saling tarik menarik dengan lawan, maka dagongan sebalik nya. Alat untuk permainan dagongan itu adalah bambu yang berukuran cukup besar dengan panjang 6 meter.

Nah untuk cara bermain nya tiap-tiap permainan ada 2 tim yang akan bermain, di tiap-tiap tim terdiri dari 5 orang laki-laki.

Untuk permainan nya adalah tiap-tiap orang berbaris pantas tim nya dengan berbanjar lebih-lebih dulu kemudian saling berhadapan dengan lawan nya saus pedas mencekram erat pada tiap-tiap ujung bambo.

Tidak ditengah atau salah satu tim di tengah, semua nya semestinya sepadan berada di ujung kedua bambo. Kemudian Dikala wasit sudah memberikan aba-aba di mulai, maka tiap-tiap tim semestinya saling menunjang hingga salah satu tim terdorong hingga batas tengah yang sudah di tentukan sebelum nya.

Hadangan
Hadangan atau bahasa tenar di masyarakat nya adalah gobak sodor, adalah olahraga tradisional beregu yang di dalam nya terdapat 8 orang pemain, yang dimana 5 pemain inti dan 3 pemain cadangan.

Olahraga hadangan awam di mainkan di lapangan yang berukuran 15×9 meter, dan terdapat 6 petak/kotak yang di batasi garis dari kapur atau semacam nya.

Sistem bermain nya itu sendiri adalah di anatara 2 tim yang bermain akan ada salah satunya yang menjadi tim penjaga dan satunya jadi tim penyerang.

Untuk tim penjaga ke lima orang tersebut bertugas menjaga tiap-tiap petak tapi berdiri di atas garis nya saja, tidak boleh masuk petak tersebut, seandainya masuk secara sengaja maka permainan berhenti dan tim penjaga dengan tim penyerang di tukar dan tim penjaga semestinya menepuk lawan nya yang berharap menjelang petak yang dia jaga supaya tidak lolos.

Padahal untuk tim penyerang bertugas untuk lewat tim penjaga dengan masuk ke tiap-tiap petak dari ujung garis permulaan ke ujung garis akhir dan lembali lagi ke garis permulaan. Maka itu masuk ke dalam skor.

Egrang
Egrang adalah olahraga tradisional yang alat utama nya adalah bambu yang di buat sedemikian rupa supaya bisa di gunakan nyaman untuk kaki berpijak.

Sistem bermain egrang sendiri termasuk sulit-sulit gampang. Sulit karena semestinya menyeimbangkan badan supaya bisa berjalan memakai egrang tersebut, dan gampang karena tidak ada peraturan baku lain nya selain berjalan hingga finish dan tidak boleh terjatuh atau kaki menapak seketika ke tanah.

Terompah Panjang
Terompah Panjang atau Bahasa tenar di masyarakat nya adalah bakiak adalah salah satu olahraga tradisional beregu lain nya yang memakai kayu Panjang dan dijadikan seperti sendal tapi dalam satu buah nya terdapat 3 tempat kaki untuk 3 orang, dan sepasang nya terdapat 6 separo lingkaran tempat kaki tsb.

Sistem bermain nya sendiri adalah dalam satu tim terdiri dari 3 orang dan tiap-tiap pemain semestinya menjaga kekompakan dan keseimbangan supaya tidak terjatu dan bisa berjalan hingga finish.

error: Content is protected !!