Mei 27, 2024

Pengertian dan Sejarah Sepak Takraw

2 min read

Sepak takraw yaitu olahraga yang populer bagi masyarakat Indonesia. Pasalnya, olahraga ini bisa dimainkan oleh segala usia, dari si kecil-si kecil hingga orang tua.

Di sisi lain, kepopuleran olahraga sepak takraw tidak cuma ada di masyarakat Indonesia saja, melainkan di negara-negara Asia Tenggara lain, seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Fililina, dan Laos.

Olahraga sepak takraw dimainkan oleh dua regu, di mana masing-masing regu terdiri dari tiga orang.

Adapun metode memainkan olahraga ini yaitu dengan menyepak bola melewati net serta bola tidak boleh menyentuh tanah.

Olahraga sepak takraw menerapkan bola yang terbuat dari rotan dan cuma boleh dimainkan menerapkan kaki, lutut, dada, dan kepala.

Sebagai info, sepak takraw yaitu macam olahraga perpaduan slot mahjong dari permainan sepak bola, bola voli, dan bulu tangkis. Pada dasarnya, sepak takraw yaitu cabang olahraga permainan bola besar.

Itulah sedikit gambaran secara umum perihal olahraga sepak takraw. Sesudah mengenal pengertian dari sepak takraw, kamu perlu mempelajari juga sejarahnya.

Berikut ini kesimpulan mengenai pengertian beserta sejarah olahraga sepak takraw, yang menarik dikenal, dikabarkan dari web Olahraganesia dan Satujam, Selasa (7/3/2023).

Sejarah Sepak Takraw secara Biasa
Sepak takraw yaitu permainan yang berasal dari zaman kesultanan Melayu pada 634-713 M. Menurut sejarah, sepak takraw timbul kali pertama pada abad ke-15.

Di masa itu olahraga sepak takraw tergolong eksklusif karena para pemainnya hanyalah orang-orang yang berada di istana Kerajaan Melayu.

Kala itu olahraga ini dikenal dengan istilah \\\”sepak raga\\\” atau \\\”sepak rago\\\” dalam bahasa Melayu, sebelum alhasil bernama sepak takraw pada 1940-an.

Pemberian nama olahraga \\\”sepak takraw\\\” timbul sesudah adanya kesepakatan dari negara Malaysia dan Thailand. Sebab, penamaan olahraga sepak takraw berasal dari bahasa Melayu dan juga bahasa Thailand.

Kata \\\”sepak\\\” yang berasal dari Melayu mengandung arti menendang. Meskipun kata \\\”takraw\\\” berasal dari bahasa Thailand, yang berarti sebuah bola yang terbuat dari anyaman rotan.

Pada dasarnya, sepak takraw yaitu olahraga tradisional penduduk asli Melayu.

Pada 1980-an yaitu awal mula sepak takraw mulai tenar di Asia. Pada 1982 terbentuk Asian Sepak Takraw Federation (ASTAF). Induk organisasi hal yang demikian menjadi awal terbentuknya federasi sepak takraw di kawasan Asia.

error: Content is protected !!