Juni 16, 2024

Pengertian Olahraga Berdasarkan Para Spesialis Di Bidangnya

4 min read

Definisi olahraga
Perkataan olahraga mengandung arti akan adanya sesuatu yang berkaitan dengan momen mengolah ialah mengolah raga atau mengolah lahiriah. Definisi atau batasan seputar olahraga itu sendiri masih belum tegas, akhirnya terdapat beragam – tipe batasan, definisi ataupun deskripsi mengenai pengertian apa itu olahraga, karena memang belum ada lembaga sah yang diakui sebagai memiliki wewenang (seperti halnya WHO yang diakui memiliki wewenang membikin batasan, definisi ataupun deskripsi mengenai pengertian apa itu sehat), untuk membikin batasan, definisi ataupun deskripsi mengenai pengertian apa itu olahraga. Dari sudut pandang Ilmu Faal Olahraga, olahraga ialah serangkaian gerak raga yang teratur dan terpola yang dikerjakan orang dengan sadar untuk meningkatkan kemampuan fungsionalnya, cocok dengan tujuannya menjalankan olahraga (Giriwijoyo, 2004).

Olahraga ialah proses sistemik yang berupa seluruh kegiatan atau usaha yang dapat mendukung memaksimalkan dan membina potensi – potensi lahiriah dan rohaniah seseorang sebagai perorangan atau member masyarakat dalam bentuk permainan, pertandingan/pertandingan, dan kegiatan lahiriah yang intensif untuk mendapat rekreasi, kemenangan, dan prestasi puncak dalam rangka penyusunan manusia Indonesia seutuhnya yang berkwalitas menurut Pancasila. Olahraga ialah serangkaian gerak raga yang teratur dan terpola untuk memelihara gerak (mempertahankan hidup) dan meningkatkan kemampuan gerak (meningkatkan kwalitas hidup). Seperti halnya makan, olahraga ialah kebutuhan hidup yang sifatnya periodik, artinya olahraga sebagai alat untuk memelihara dan membina kesehatan, tak dapat ditinggalkan. Olahraga ialah alat untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan lahiriah, rohani, dan sosial (Yuliatin, 2012)

Macam olahraga dan manfaatnya bagi kesehatan
Olahraga ialah kegiatan untuk melatih tubuh seseorang bagus secara lahiriah ataupun rohani. Kian sering kita menjalankan olahraga, karenanya akan semakin sehat pula tubuh kita. Selain itu juga dapat membikin tubuh kita tak mudah terserang beragam penyakit dan gangguan kesehatan lainnya. Melainkan karena kegiatan dan rasa malas membikin olahraga lebih sering terbengkalai dan malah terlupakan (Kemenkes RI, 2016).

Macam – tipe olahraga dan manfaatnya ialah sebagai berikut (Kemenkes RI, 2016).

Kardiovaskular
Olahraga kardiovaskular ialah salah satu bentuk olahraga yang mempunyai fungsi untuk meningkatkan pernapasan dan detak jantung. Pada intinya olahraga ini memaksa jantung berprofesi spaceman keras dan lebih kuat. Selain itu juga berfungsi untuk membetuli metode kerja jantung dalam memompa darah di dalam tubuh. Berikut ialah tipe olahraga kardiovaskular atau olahraga yang membikin jantung sehat.

1) Jalan pesat, tipe olahraga ini ialah metode natural yang dapat membikin jantung lebih sehat. Selain itu jalan pesat juga betul-betul bagus untuk membantu proses menurunkan berat badan karena jalan pesat dapat membantu mengurangi lemak otot pada zona dekat sendi.

2) Senam, seluruh tipe gerakan senam mempunyai dampak positif bagi kesehatan, kebugaran, hingga kecantikan. Senam ialah salah satu olahraga untuk kesehatan jantung dan menjaga stamina dalam tubuh.

3) Berenang, olahraga air ini memang betul-betul diketahui sekali dengan manfaatnya untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Shapping (olahraga penyusunan)
Macam olahraga selanjutnya ialah olahraga penyusunan atau yang sering disebut dengan shapping ini ialah olahraga untuk membakar timbunan lemak dari dalam tubuh yang dapat mengurangi resiko obesitas. Adapun tipe olahraga shapping ialah sebagai berikut.

1) Latihan bobot, latihan ini berfungsi untuk meningkatkan massa otot.

2) Push up, olahraga dengan gerakan membendung tubuh atau badan dengan hanya memakai tangan yang berfungsi untuk memperkuat lengan dan stamina agar tetap kuat.

3) Sit up, olahraga ini berfungsi sebagai metode menyusun otot perut yang sering menjadi solusi bagi mereka yang mempunyai perut buncit

Strethcing
Strethcing gerakan yang dikerjakan saat sebelum menjalankan olahraga yang berat. Peregangan ialah tipe gerakan dalam olahraga strethcing ini mempunyai manfaat untuk membikin otot menjadi tetap elastisitas atau fleksibel saat pada saat menjalankan olahraga yang berat. Selain itu peregangan juga berkhasiat untuk mencegah timbulnya cidera. Manfaat terakhir gerakan strethcing ialah dapat membikin tubuh menjadi lebih kuat dimana dapat meningkatkan energi hingga dengan 20%.

Takaran menjalankan olahraga
Mempunyai tubuh yang sehat dan bugar, malah terhindar dari beragam penyakit berat, menjadi keinginan banyak orang. Untuk memilikinya terbukti tak susah. Mulailah dengan melowongkan waktu 30 menit untuk bergerak aktif. Berdasarkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam (Kemenkes RI, 2017), kurang kegiatan lahiriah termasuk dalam atribut penyebab kematian nomer 4 tertinggi setelah tekanan darah tinggi, mengisap rokok, dan kadar gula darah tinggi. Sedangkan kegiatan lahiriah berperan penting dalam kesehatan tubuh, termasuk mencegah penyakit yang dapat berpengaruh fatal seperti stroke atau serangan jantung. Tiap peningkatan kegiatan lahiriah akan betul-betul berkhasiat untuk kesehatan. Dibandingi duduk membisu di sofa, lakukan kegiatan lahiriah di rumah seperti mengepel, mencuci piring, mencuci mobil dan lain[1]lain. Kegiatan seperti berjalan pesat, jogging, bersepeda, atau berenang, dapat kita lakukan tiap-tiap hari. Mulailah dari olahraga yang ringan lalu lama – lama ditingkatkan. Kita juga dapat mengkredit 30 menit itu dengan berlatih 10 menit di pagi hari, 10 menit siang, lalu petang 10 menit lagi. Sebagai langkah awal, berjalan kaki dapat menjadi opsi karena mudah, murah, dan dapat dikerjakan di mana saja. Usahakan untuk mencapai target minimal 10.000 langkah tiap-tiap hari. Bagi yang sudah sering melangkah, jangan puas, tambahkan 30 menit latihan intensitas sedang dapat memberi manfaat tambahan (Kemenkes RI, 2017).

error: Content is protected !!