Mei 27, 2024

Segudang Manfaat Olahraga Tenis untuk Kesehatan Tubuh

2 min read

Tenis termasuk dalam latihan kardiovaskular sebab menolong meningkatkan denyut jantung dan pernapasan. Jenis olahraga satu ini juga melibatkan otot tubuh bagian bawah yang besar untuk gerakan kencang dari kanan ke kiri dan depan ke belakang, juga otot tubuh bagian atas untuk menolong mengayunkan raket.

Inilah sebabnya, tenis bisa dijalankan sebagai latihan seluruh tubuh yang meningkatkan kebugaran kardiovaskular, energi bendung, dan energi otot. Olahraga satu ini juga menolong membakar kalori tubuh. Cukup sebagian menit mengejar bola, denyut jantung akan meningkat dan tubuh membakar lebih banyak kalori.

Seketika, apa saja sih manfaat olahraga tenis yang menarik untuk dikenal?

Tenis dan Penurunan Berat Badan
Latihan kardiovaskular lazimnya dibagi menjadi tiga tingkatan, yakni intensitas rendah, sedang, dan kuat. The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat menyebutkan, olahraga tenis tunggal sebagai kesibukan fisik dengan intensitas tinggi. Secara lazim, orang seberat 69,9 kilogram akan membakar 220–295 kalori dalam 30 menit kesibukan berat.

Oleh sebab pertandingan tenis bisa berlangsung dari 90 menit hingga hampir 3 jam, seseorang dengan berat hal yang demikian bisa membakar 660–1.320 kalori hanya dalam satu pertandingan. Inilah manfaat olahraga tenis lain jika dijalankan secara rutin, selain membentuk otot tubuh dan menyehatkan organ jantung.

Manfaat Olahraga Tenis Lainnya
Selain itu, masih ada sebagian manfaat olahraga tenis lainnya, di antaranya:

Memperpanjang umur
Bermain tenis disebutkan bisa menolong memperpanjang umur. Penelitian menampakkan bahwa orang yang bermain tenis sekitar tiga jam per pekan hidup rata-rata sembilan hingga sepuluh tahun lebih lama, ketimbang orang yang tidak banyak bergerak.

Meningkatkan kesehatan mental
Manfaat olahraga tenis lainnya yakni meningkatkan kesehatan mental. Tenis yakni slot gates of olympus olahraga yang memerlukan pemikiran kencang dan respon sepersekian detik. Tubuh menjadikan koneksi baru antara saraf di otak saat kau waspada dan berdaya upaya taktis. Ini mungkin membikin pikiran konsisten tajam seiring bertambahnya umur.

Tenis memang menjadi olahraga kardio yang baik untuk kesehatan, seperti itu juga banyak olahraga lainnya. Lalu, yang membikin tenis berbeda dari kesibukan lain yang bisa kau pilih? Tenis menjadi alternatif utama untuk kesibukan fisik sebab:

Tenis memerlukan orang lain sebagai lawan bermain. Ini menjadi cara yang baik untuk menghabiskan waktu bersama teman dan bertemu orang baru.
Kau bisa bermain dan menerima latihan yang baik terlepas dari mempunyai keahlian atau tidak.
Olahraga ini menolong mengurangi tingkat stres.
Kau bisa bermain tenis di lapangan di dalam ataupun luar ruangan.
Kiat Mendapatkan Latihan Tenis Terbaik
Berniat untuk mengawali berlatih tenis? Coba simak sebagian kiat berikut untuk memaksimalkan latihan pertamamu:

Bermain dengan pemain lain dengan tingkat keahlian berbeda.
Jangan pernah melewatkan pemanasan sebelum mengawali untuk menghindari cedera.
Pertajam konsentrasi dan kewaspadaan.
Bermain sendiri dengan memukul bola ke dinding atau memakai bantuan mesin.
Coba bermain di permukaan lapangan yang berbeda, terpenting jika kau mempunyai masalah dengan persendian. Tiga jenis utama yakni rumput, tanah liat, dan lapangan keras seperti beton.

error: Content is protected !!