Mei 27, 2024

Tentang Bola Basket Sejarah Dan Pengertianya

4 min read

Permainan bola basket cukup kondang di dunia, lebih-lebih di Amerika Serikat. Terlihat bersama dengan ada beraneka persaingan bola basket layaknya National Basketball Association (NBA) yang merupakan liga bola basket paling bergengsi.

Lalu apa pengertian bola basket? Bagaimana peristiwa awal terciptanya permainan ini sampai menjadi kondang di Indonesia? Simak pembahasan selengkapnya di sini. Simak pula peraturan main dan teknik bermain bola basket.

Pengertian, Sejarah, dan Perkembangan Bola Basket

Bola basket merupakan salah satu model olahraga yang pakai bola besar. Bola dimainkan secara berkelompok yang terdiri dari dua tim yang masing-masing beranggotakan lima orang. Kedua tim berikut beradu untuk mencetak poin sebanyak-banyaknya bersama dengan cara memasukkan bola ke ring/basket lawan.

Bola basket diciptakan pertama kali oleh Dr. James Naismith seorang guru asal Kanada, Amerika Serikat terhadap tahun 1891. Awalnya, Naismith mendambakan menyebabkan permainan yang dapat dimainkan oleh siswanya saat musim dingin. Jadi ia menciptakan link sbobet88 permainan bola yang dimainkan di dalam ruangan.

Konsep awal permainan bola basket dimainkan oleh 9 orang di setiap timnya. Namun bersamaan berjalannya waktu, kuantitas pemain berkurang menjadi 5 pemain di masing-masing tim. Hal berikut masih terjadi sampai sekarang. Permainan bola basket makin berkembang dan menjadi masuk ke Indonesia terhadap tahun 1920-an. Permainan ini pertama kali dibawa oleh bangsa Belanda yang diperkenalkan melalui saudagar Cina. Para pedagang Cina membawa permainan bola basket sebagai permainan yang memang telah berkembang dan sering mereka mainkan.

Kemudian para perantau ini membentuk komunitas bola basket dan mendirikan sekolah. Sehingga bola basket berkembang pesat lebih-lebih di kalangan anak sekolah. Hal ini juga dikarenakan bola basket menjadi salah satu olahraga yang perlu dipelajari. Waktu berganti, terhadap tahun 1930 komunitas basket di Indonesia menjadi terbentuk di lebih dari satu kota besar layaknya di Jakarta, Medan, Surabaya, Bandung, Semarang, dan Yogyakarta.

Sejak saat itu olahraga bola basket tersebar cepat di Indonesia. Salah satu komunitas basket yang melegenda adalah perkumpulan Sahabat punya Sony Hendrawan (Liem Tjien Sion) pebasket legenda di Indonesia. Pasca kemerdekaan Indonesia, terhadap tahun 1948 diadakan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Solo dan untuk pertama kalinya, bola basket masuk persaingan level nasional. Saat itu basket hanya dimainkan oleh kelompok pria saja. Hingga terhadap tahun 1951, olahraga basket di PON memperbolehkan kelompok pria dan wanita untuk bermain.

Pada tahun yang sama, 1951, terbentuk Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia atau dikenal juga bersama dengan Perbasi. Permainan bola basket di Indonesia terus berkembang, terhadap tahun 1953 pertama kalinya regu basket Indonesia bermain di ajang internasional di Asian Games Manila.

Baca juga:

KD Tenang Kalau Ada Devin Booker

Gundogan Dirumorkan Akan Cabut dari Barcelona ke Galatasaray

Peraturan Bermain Bola Basket

Bola basket umumnya dimainkan di lapangan indoor ataupun outdoor. Standar internasional bola basket terdiri dari empat babak bersama dengan masing-masing saat setiap babaknya adalah 10 menit (4×10 menit) dan jeda istirahat 10 menit. Namun tertentu untuk liga NBA, saat perbabaknya menjadi 12 menit.

Ada lebih dari satu peraturan yang dikeluarkan oleh FIBA (Federasi Bola Basket Dunia) untuk permainan bola basket ini. Beberapa di antaranya adalah:

  • Pebasket tidak boleh membawa bola sambil berlari, melainkan bola perlu dipantulkan ke lapangan sambil berlari.
  • Tim akan beroleh poin tambahan bila tim lawan telah laksanakan 3 kali pelanggaran.
  • Telapak tangan adalah anggota yang boleh menyentuh bola basket.
  • Dilarang mendorong, memukul, dan menendang dalam pertandingan bola basket.
  • Bola boleh dilemparkan ke segala arah bersama dengan satu atau dua tangan.
  • Tangan tidak boleh mengepal saat memantul-mantulkan bola.
  • Durasi pertandingan basket selama 4×10 menit.
  • Pemenang adalah tim bersama dengan perolehan poin terbanyak.

Setiap tim punya hak untuk time out. Setiap babak diberikan kesempatan dua kali time out dan di babak tambahan hanya boleh satu kali.
Satu poin didapatkan kalau tim sukses mencetak poin melalui titik lemparan bebas. Dua poin didapatkan kalau bola dimasukkan terhadap daerah lingkaran dalam. Dan tiga poin dapat didapatkan kalau bola masuk ke dalam ring bersama dengan ditembakkan dari luar garis three points.

Teknik Bermain Bola Basket

Dalam memainkan bola basket diperlukan suasana fisik yang fit. Hal ini dikarenakan dalam permainan diperlukan banyak kontak fisik bersama dengan anggota tim atau pemain dari tim lawan. Bola perlu dipantulkan sambil terjadi atau berlari, mengoper bola, ataupun dilempar. Beberapa teknik di dalam bola basket ini dapat digunakan saat bermain bola basket.

1. Teknik Melempar dan Menangkap Bola (Passing)

Passing merupakan salah satu teknik tembakan-tembakan yang berpeluang besar untuk mencetak angka. Teknik basic untuk mengoper bola basket adalah bersama dengan cara chest pass, overhead pass, bounce pass.

Hal berikut berarti bola basket hanya boleh dioper di posisi dada, di atas kepala, dan sambil dipantulkan.

2. Teknik Menggiring (Dribbling)

Teknik menggiring adalah salah satu teknik paling basic yang perlu dapat dilaksanakan oleh pemula.

Bola basket perlu digiring sambil dipantul-pantulkan ke tanah tanpa lepas dari tangan. Teknik ini terlampau berfaedah untuk laksanakan serangan.

3. Teknik Tembakan (Shooting)

Teknik tembak ini paling banyak digunakan untuk mencetak poin. Bola basket yang berada di genggaman dapat ditembakkan ke arah ring lawan untuk beroleh poin. Teknik ini membutuhkan ketepatan dan kecepatan yang pas.

error: Content is protected !!