Mei 27, 2024

Tips Buat Otot Lengan Besar Supaya Konsisten Sehat

3 min read

Banyak pria mencari tahu cara membesarkan otot lengan sebab sejumlah alasan. Kecuali memberikan kesan gagah dan kuat, otot lengan yang besar juga memudahkan kita untuk menjalankan bermacam-macam pekerjaan yang memerlukan tenaga.

Secara umum, lengan terbagi menjadi dua bagian, ialah lengan bagian atas dan bagian bawah. Lengan bagian atas memanjang dari bahu hingga ke siku, meski lengan bagian bawah memanjang dari siku hingga ke pergelangan tangan.

Di dalam lengan terdapat bermacam-macam otot besar. Otot itulah yang membantu Anda menjalankan bermacam-macam kegiatan, mulai dari mengangkat belanjaan, menggendong bayi, hingga memindahkan lemari baju.

Macam-Macam Otot Lengan
Sebelum mengenal cara memperbesar otot lengan, ada pantasnya Anda mengenal mahjong ways 3 otot-otot apa saja yang terdapat pada lengan di bawah ini:

1. Bisep
Dalam bahasa ilmiah, otot bisep dikenal dengan nama otot biceps brachii. Otot besar ini memanjang dari lengan atas hingga ke siku, dan merekat di atas tulang pangkal lengan (humerus). Otot ini memungkinkan Anda menggerakkan lengan ke atas, bawah, depan, dan belakang.

2. Trisep
Otot trisep dikenal dengan nama triceps brachii. Lokasinya di belakang tulang humerus. Otot inilah yang memungkinkan Anda menjalankan gerakan meluruskan lengan bagian bawah serta membantu menstabilkan sendi bahu.

3. Brakioradialis
Otot brakioradialis berlokasi di bagian atas lengan bawah, dekat siku. Otot ini membuat lengan bawah membuat gerakan memutar.

4. Ekstensor karpi radialis longus
Otot ini berlokasi bersebelahan dengan otot brakioradialis. Anda dapat menikmati adanya otot ini ketika mengepalkan tangan, ialah terasa kencang di lengan bawah. Otot inilah yang membuat kita dapat menggerakkan pergelangan tangan ke seluruh arah.

Bermacam-macam Sistem Memperbesar Otot Lengan
Banyak pria mau tampil dengan otot lengan yang besar. Kalau Anda ialah salah satu di antaranya, Anda dapat menerapkan cara memperbesar otot lengan di bawah ini:

1. Curl
Curl ialah teknik untuk membesarkan otot bisep yang paling umum. Curl dijalankan dengan menerapkan bobot, seperti barbel atau dumbbell. Pilih bobot yang beratnya layak dengan kecakapan Anda. Sistem menjalankan gerakan ini ialah:

Berdiri atau duduk di bangku
Posisikan kedua lenganlurus ke bawah membatasi bobot, dengan telapak tangan menghadap ke atas
Angkat bobot ke depan dada dengan menekuk siku
Lakukan angkat bobot sebanyak12–15 kali (dihitung 1 set) dan ulangi hingga 2 atau 3 set
Petunjuk bahwa bobot layak dengan kecakapan Anda ialah siku tak ikut serta bergerak pada ketika mengangkat barbel atau dumbbell.

Pastikan siku Anda benar-benar tak ikut serta bergerak dan berada di sisi badan. Kalau siku masih bergerak, kurangi berat bobot Anda supaya dapat menjalankan gerakan dengan benar.

2. Push up
Mungkin selama ini Anda tak menyangka bahwa menjalankan gerakan push up ialah salah satu cara memperbesar otot lengan. Dikala menjalankan gerakan ini sebanyak 10–15 kali, otot-otot lengan akan mengalami kontraksi dan peregangansehingga lama-kelamaan dapat membuatnya menjadi lebih kuat dan besar.

3. Triceps kickback
Triceps kickback dapat dijalankan dengan bantuan dumbbell, resistance band, atau botol air. Gerakan ini dapat dijalankan dengan kedua tangan secara beriringan atau satu tangan secara bergantian.

Disarankan untuk menerapkan bobot yang relatif ringan apabila menjalankan gerakan ini, terpenting bagi yang baru mulai berolahraga. Sistem menjalankan gerakan triceps kickback ialah:

Masing-masing tangan membatasi dumbbell dengan posisi telapak tangan menghadap ke sisi dalam tubuh
Berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu dan condongkan tubuh sedikit ke depan, lalu tekuk lutut
Angkat siku sehingga sejajar dengan tubuh dan membentuk sudut 90° lalu rentangkan lengan ke belakang
Kembali ke posisi siku membentuk sudut 90°
Lakukan gerakan mengayun ini dan sebanyak 7–10 kali dalam 2 set
4. Berenang
Olahraga lain yang juga baik untuk membentuk otot lengan, sekaligus melatih otot-otot tubuh dan meningkatkan ketahanan jantung, ialah berenang. Lakukan gaya bebas atau gaya dada ketika berenang, dan jangan lupa untuk menjalankan pemanasan sebelumnya.

Kecuali rutin menjalankan latihan di atas, jangan lupa bahwa cara memperbesar otot lengan yang benar juga memerlukan peran pola hidup sehat dan mencukupi asupan gizi tubuh. Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan sehat yang tinggi protein supaya jaringan otot dapat terbentuk dengan baik.

Kecuali itu, beberapa orang juga terkadang menerapkan cara bulking dengan mengkonsumsi makanan dengan jumlah kalori yang melebihi kebutuhannya, yang diimbangi dengan olahraga.

Supaya aman, ada pantasnya Anda konsultasi dengan dokter terpenting dahulu sebelum menjalankan bermacam-macam cara memperbesar otot lengan. Dengan begitu, dokter akan memberikan rekomendasi pilihan olahraga yang layak.

error: Content is protected !!